Jumat, 12 Juni 2015

Hasil Observasi PKN


PROFIL SEKOLAH

Nama Sekolah                                   : SDN Pondok Benda 01
Alamat Sekolah                                : JL.Siliwangi, No.02 Pondok Benda,   Pamulang-Tangsel
Akreditasi sekolah                            : B
Visi dan Misi                                   
Visi                                                   : Unggul dalam prestasi mata pelajaran   matematika yang di landasi iman dan takwa di kec. Pamulang tahun 2012
Misi                                                      : 2.1 menanamkan keyakinan / akidah    melalui pengalaman ajaran agama
2.2 mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan, khususnya pada mata pelajaran matematika
2.3 memberi pengayaan dan penambahan jam pelajaran  matematika
2.4 mengembangkan pengetahuan di bidan g IPTEK, Bahasa, Olahraga, dan SeniBudaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.
2.5 menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan
2.6 melengkapi sarana dan prasarana bidang matematika



Ø  PROFIL KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah       : Samlawi. S.Pd. M M
Ø  PROFIL NARA SUMBER
Nama                                 : Suratinem S.Pd
Alamat                              : KP. Babakan Rt. 006/04 . Setu Tangerang Selatan
Pendidikan terakhir           : S1 (Pendidikan)
Lama Kerja                       : 20 tahun
Status                                : Guru Kelas
Ø  WARGA SEKOLAH

1.      Jumlah guru 52 0rang
20 laki-laki
32    perempuan
2.      Tata usaha 2 orang
2        perempuan
3.      Penjaga sekolah 2 orang
2 laki-laki
4.      Jumlah sisiwa
1.276 siswa
                               
Ø  SARANA DAN PRASARA

1.     Ruang kelas
2.     Ruang guru
3.     Ruang kepala sekolah
4.     Ruang uks
5.     Lab komputer
6.     Kantin luar/dalam
7.     Masjid



Identifikasi Masalah
A.   8 Standar Nasional Pendidikan

1.     Standar kompetensi lulusan
2.     Standar isi
3.     Standar peoses
4.     Standar pendidikan dan tenaga kependidikan
5.     Standar sarana dan prasarana
6.     Standar pengelolaan
7.     Standar pembiayaan pendidikan
8.     Standar penilaian pendidikan


B.   Permasalah  dan penyelesaiannya dalam pembelajaran PKN
a.     Permasalahan secara umum
     
1.     Kurangnya kesadaran akan tata tertib
2.     Tingkah laku / sopan santun
3.     Kurangnya Kerjasama antar siswa (gotong royong)
4.     Kurangnya kesadaran Tugas dan kewajiban
5.     Kurangnya kesadaran akan Kebersihan siswa
6.     Kurangnya kesadaran akan Kerapihan siswa
7.     Kurangnya waktu dalam  proses pembelajaran (PKN)
8.     Kurangnya sarana dan prasarana

b.     Penyelesaian
Dari permasalahan yang telah ada di atas maka kami menyimpulkan  cara untuk menyelesaikan permasalahan itu dengan cara :
Memberikan motivasi pada siswa akan pentingnya kesadaran mematuhi tata tertib karena akan berpengaruh pada kehidupan pribadinya di luar lingkungan sekolah, memberikan reward kepada siswa yang sudah berperilaku sopan santun, agar siswa lain dapat termotivasi.

 C.   Kesimpulan

Dari hasil observasi yang kami lakukan di SDN PODOK BENDA I, bahwa tidak ada kesulitan dalam proses pembelajaran PKN karena nara sumber merasa sudah terbiasa dalam mengajar pelajaran tersebut, terkecuali pada siswa yang benar-benar tidak memperhatikan, dan nara sumber juga masi menggunakan kebiasaan dalam proses pembelajarannya tidak menggunakan metode dan model yang sesuai dengan pelajaran tersebut.


Dirgantara Wicaksono
Pembelajaran PKN di SD





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar