Pengertian Pembelajaran Fragmented
Model Penggalan (Fragmented) adalah model
pembelajaran konvensional (umumnya) yang terpisah secara mata pelajaran. Hal
ini dipelajari siswa tanpa menghubungkan kebermaknaan dan keterkaitan antara
satu pelajaran dengan pelajaran lainnya. Setiap mata pelajaran diajarkan oleh
guru yang berbeda dan mungkin pula ruang yang berbeda. Setiap mata pelajaran
memiliki ranahnya tersendiri dan tidak ada usaha untuk mempersatukannya. Setiap
mata pelajaran berlangsung terpisah dengan pengorganisasian dan cara mengajar yang
berbeda dari setiap guru.
Aplikasi Model Pembelajaran Fragmented
Dalam Pembelajaran di SD
Model pembelajaran fragmented cocok
diterapkan dikelas tinggi. Model pembelajaran ini seperti pada KTSP, dimana
tiap mata pelajaran diajarkan oleh guru yang berbeda dan tiap mata pelajaran
tidak digabung dengan mata pelajaran lainnya, misal: pelajaran IPA tidak
digabung dengan pelajaran yang lain.
Pengertian Pembelajaran Connected
keterkaitan dalam seluruh bidang,
keterkaitan antar topik, keterkaitan antar konsep, keterkaitan antar
keterampilan, mengaitkan tugas pada hari ini dengan selanjutnya bahkan ide-ide
yang dipelajari pada satu semester dengan ide-ide yang dipelajari pada semester
berikutnya dalam satu bidang studi.
Model pembalajaran ini menyajikan hubungan
yang eksplisit di dalam suatu mata pelajaran yaitu menghubungkan satu topik
dengan topik yang lain, satu konsep ke konsep yang lain, satu keterampilan
dengan keterampilan yang lain, satu tugas ke satu tugas yang berikutnya.
Pada pembelajaran model ini kunci utamanya
adalah adanya satu usaha sadar untuk menghubungkan bidang kajian dalam satu
disiplin ilmu.
Aplikasi Model Pembelajaran Connected
Dalam Pembelajaran di SD
Model pembelajaran connected biasanya
diterapkan di kelas rendah. Model pembelajaran ini seperti pada kurikulum 2013.
Beberapa mata pelajaran digabungkan menjadi satu tema, misal: guru sedang
mengajarkan agama islam tentang shalat, lalu pelajaran itu bisa digabungkan
dengan IPA= tentang fungsi air, IPS= shalat berjamaah, MATEMATIKA= jumlahnya,
OLAHRAGA= gerakannya, PKN= tentang disiplin waktunya.
Dirgantara Wicaksono.
Pembelajaran PKN di SD.
terimakasih telah berbagi informasi fitri, tetapi alangkah baiknya ditingkatkan kembali hasil kajian tulisan yang kamu buat sendiri..
BalasHapussukses terus