TUGAS
AKHIR SENI
BUDAYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Dosen: Dirgantara wicaksana
Fitriyani
2013820062
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH JAKARTA
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Aspek
pembelajaran : Seni rupa
Mata
pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : II/I
I.Standar
Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
II.Kompetensi
Dasar :
2.1
PPKn
·
Mengenal pentingnya
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.2 Bahasa Indonesia
·
Menyebutkan kembali
dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
·
Melengkapi cerita
sederhana dengan kata yang tepat.
2.3
Matematika
·
Menentukan nilai
tempat ratusan puluhan dan satuan.
2.4
IPA
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri hewan dan tumbuhan.
2.5
Seni budaya dan keterampilan
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik cetak tunggal.
III.
Indikator
3.1
PPKn
·
Menjelaskan arti
tolong menolong.
·
Menyebutkan contoh
tolong menolong di sekolah.
3.2
Bahasa Indonesia
·
Menulis karangan
pendek.
·
Menceritakan
peristiwa.
·
Membaca teks
bersuara.
3.3 Matematika
·
Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan pada bilangan-bilangan.
·
Menuliskan lambang
bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
·
Menguraikan lambang
bilangan menurut nilai dan tempatnya.
3.4
IPA
·
Menjelaskan arti
tumbuh pada tumbuhan.
·
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan.
·
Menjelaskan proses
pertumbuhan pada tumbuhan.
·
Mempraktekan
pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
·
Menceritakan proses
pertumbuhan pada tanaman.
3.5 Seni
budaya dan prakarya
·
Membuat karya seni
rupa dengan teknik cetak tunggal
IV.
Tujuan Pembelajaran
4.1
PPKn
·
Menyebutkan contoh
saling berbagi disekolah.
·
Menjelaskan arti
tolong menolong
4.2
Bahasa Indonesia
·
Menyusun kata
menjadi kalimat.
·
Menyusun kalimat
menjadi cerita.
·
Mengajukan
pertannyaan bacaan.
4.3
Matematika
·
Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan.
·
Menuliskan lambang bilangan ratusan, puluhan dan
satuan.
·
Menguraikan lambang
bilangan menurut nilai tempatnya.
4.4 IPA
·
Dapat menceritakan proses pertumbuhan pada hewan
dan tanaman.
·
Dapat menjelaskan
proses pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan.
4.5
Seni budaya dan keterampilan
·
Dapat membuat karya
seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
V
. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Demonstrasi
·
Penugasan
VI.
Alokasi Waktu
·
3x
35 menit
VII.
Langkah- langkah Pembelajaran
7.1
PPKn
a. Kegiatan
Awal
·
Mengkondisikan kelas
pada situasi belajar
·
Tanya jawab tentang bergotong royong.
·
memotifasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
b. kegiatan
Inti
B.1
Ekplorasi
·
peserta didik mencari
informasi tentang bergotong royong di
lingkungan sekolah.
·
Untuk mengetahui
peserta didik, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan tolong menolong.
B.2 Elaborasi
·
Guru menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
·
Peserta dididk memahami
arti bergotong royong.
·
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertannya tentang materi yang belum jelas.
·
Membahas pertanyaan
tersebut dengan jawaban menyeluruh
B.3
Konfirmasi
·
Guru memberikan
kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses
pembelajaran
·
Guru merefleksikan
peserta didik memperoleh pengalaman bermakna tentang tolong menolong
·
Guru memotivasi peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
c. Kegiatan
Penutup
·
Membuat kesimpulan
dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan post
tes.
·
Memberikan
PR/tugas.
7.2 Bahasa
Indonesia
a.
Kegiatan Awal
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan di ikuti
·
Memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
B.1
Ekplorasi
·
Guru menjelaskan
cara berbahasa dengan baik dan benar.
·
Siswa berusaha
menulis pengalaman sendiri dengan huruf tegak bersambung dan tanda titik yang
tepat.
·
Melalui peristiwa
penting siswa menceritakan pengalaman dalam keluarga.
B.2
Elaborasi
·
Peserta didik
mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
·
Guru memberikan
kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam
prosespembelajaran
B.3
Konfirmasi
·
Guru memberikan
kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses
pembelajaran
·
Dengan bimbingan guru,
peserta didik merefleksikan kegiatan pembelajaran.
c.
Kegiatan Penutup
·
Membuat kesimpulan
dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan post
tes.
·
Memberikan
PR/tugas.
7.3 Matematika
a.
kegiatan awal
·
Mengkondisikan kelas
pada situasi belajar
·
Tanya jawab penjumlahan dan pengurangan bilangan.
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
b.
Krgiatan Inti
B.1
Ekplorasi
·
Pesrta didik dapat menuliskan lambang bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
·
Guru memberi contoh menentukan nilai tempat suatu bilangan.
B.2
Elaborasi
·
Peserta didik menentukan nilaitempat suatu bilangan melalui permainan.
·
Peserta didik
menentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka
B.3
Konfirmasi
·
Guru memberikan
kata-kata pujian kepada peserta didik
atas kreatifitasnya dalam proses pembelajaran
·
Guru memotifasi peserta
didik yang kurang atau belum aktif
C.
Kegiatan Penutup
·
Membuat kesimpulan
dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan post
tes.
·
Memberikan
PR/tugas.
7.4 IPA
a.
Kegiatan Awal
·
Mengkondisikan kelas
pada situasi belajar
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
B.1
Ekplorasi
·
Peserta didik dapat mengamati pertumbuhan tumbuhan.
·
Melalui pengamatan
dan eksperimen sederhana siswa membuktikan perubahan benda padat dan cair.
B.2
Elaborasi
·
Membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu.
·
Memfasilitasi dalam
belajar kooperatif dan kolaboratif.
B.3
Konfirmasi
·
Guru memberikan
kata-kata pujian kepada peserta didik
atas kreatifitasnya dalam proses pembelajaran
·
Guru memotifasi peserta
didik yang kurang atau belum aktif
7.5 Seni Budaya dan keterampilan
a.
Kegiatan Awal
·
Mengkondisikan kelas
pada situasi belajar
·
Menjelaskan tujuan
pembelajaran yang akan dilaksanakan memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
b.
Krgiatan Inti
B.1
Ekplorasi
·
Pesrta didik dapat
menjelaskan keunikan karya seni dan karya kreatif berbagai daerah
·
Guru memberi contoh
cara membuat karya seni
B.2
Elaborasi
·
Peserta didik mengamati
beberapa contoh karya seni dan kreatif dari berbagai daerah
·
Guru memberi contoh
cara membuat karya seni
B.3
Konfirmasi
·
Guru memberikan
kata-kata pujian kepada peserta didik
atas kreatifitasnya dalam proses pembelajaran
·
Guru memotifasi peserta
didik yang kurang atau belum aktif
C.
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta
didik didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·
Guru memberikan umpan
balik terhadap proses pembelajaran
·
Guru mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik
VIII.
Alat dan Sumeber belajar
·
PPKn
§ Alat:
§ Poster tentang tolong menolong di lingkungan sekolah.
§ Sumber:
§ Buku
sumber yang relevan
·
Bahasa Indonesia
§ Alat:
§ Buku cerita.
§ macam-macam
slogan kalimat pendek.
§ Sumber:
§ buku
sumber yang relevan
·
Matematika
§ Alat:
§ Kartu bilangan
§ Sumber:
§ Buku
sumnber yang relevan
·
IPA
§ Alat:
§ Gambar tanaman
§ Sumber
:
§ Buuku
sumber yang relevan
·
Seni Budaya dan keterampilan
§ Alat:
§ Cetakan,
(Gips) bahan untuk membuat karya seni, air
§ Sumber:
§ Buku
sumber yang relevan
IX.Penilaian
Nilai budaya dan karakter bangsa
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
||
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Demokratif
·
Rasa ingin tahu
·
Cinta tanah air
·
Bersahabat
·
Menghargai prestasi
·
Gemar membaca
·
Peduli lingkungan
·
Peduli sosial
·
Tanggung jawab
|
1.
PPKn:
·
Menyebutkan contoh saling berbagi di
sekolah.
·
Menjelaskan arti tolong menolong.
·
Menyebutkan contoh tolong menolong dir
umah
2.
Bahasa Indonesia:
·
Mendengarkan pesan teks pendek yang
dibisikan oleh teman.
·
Menyampaikan pesan yang didengar pada
orang lain.
·
Menyimak cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan kembali isi teks bacaan
dengan lisan.
·
Member tanggapan pada kegiatan.
3.
Matematika:
·
Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan
dan satuan pada bilangan bilangan.
·
Menuliskan lambing bilangan ratusan,
puluhan dan satuan.
·
Menguraikan lambing bilangan menurut
nilai tempatnya.
4.
IPA:
·
Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan
tumbuhan.
·
Menyebutkan perubahan yang terjadi
pada hewan.
·
Menjelaskan proses pertumbuhan pada
tumbuhan.
·
Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan
dengan jangka waktu yang ditentukan.
·
Menceritakan proses pertumbuhan pada
hewan dan tanaman.
5.
Seni budaya dan keterampilan:
·
Membuat karya seni rupa dengan teknik
cetak tunggal.
·
Mencetak dengan teknik lipatan.
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. PPKn:
· Sebutkan
contoh saling berbagi disekolah.
· Jelaskan
arti tolong menolong.
2. Bahasa
Indonesia:
· Sampaikan
pesan yang didengar pada orang lain.
· Simakkanlah
cerita bacaan pendek.
· Ceritakan
kembali isi teks bacaan dengan lisan.
3. Matematika:
· Tentukan
nilai tempatratusan, puluhan, dan satuan pada bilangan bilangan.
· Tentukan
nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
4. IPA:
· Jelaskan
arti tumbuh pada pada hewan dan tumbuhan.
· Sebutkan
perubahan yang terjadi pada hewan
· Jelaskan
proses pertumbuhan pada tumbuhan.
· Praktekan
pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
5. Seni
budaya dan keterampilan:
· Buatkanlah
karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
· Bagaimana
cara mencetak dengan teknik lipatan.
|
Lampiran.
Langkah-langkah membuat karya seni
rupa dengan teknik cetak tunggal:
1. Sediakan bahan-bahan yang
akan digunakan.
2. Campurkan bahan gips
dengan air, lalu diaduk sampai rata (tidak menggumpal).
3. Setelah diaduk rata,
tuangkan kedalam cetakan yang telah disediakan.
4. Jemur di bawah sinar
matahari.
5. Setelah mongering
keluarkan dari cetakan.
6. Lalu warnai sesuai
keinginan.
Langkah-langkah dalam mengajar:
·
(Guru memasuki kelas) Assalamualaikum anak-anak.
·
Ayo coba semuanya duduk yang rapih ya…
·
Yuk kita mulai berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
·
Coba hari ini siapa temannya yang tidak masuk? (mengabsen)
·
Sekarang kita akan mempelajari tentang senirupa dengan teknik
mencetak, ayo coba dikeluarkan bahan-bahannya. Bahan-bahannya kita siapkan
mulai dari bubuk gips, cetakan berbentuk bunga, dan air. Coba kalian campurkan
bubuk gips yang sudah ditakar dengan setengan gelas air, lalu diaduk sampai
tercampur semua dan masukan kedalam cetakan. Sehabis itu jemur hingga kering.
·
Inikan cetakannya sudah kering, nah sekarang tinggal diberi
warna oleh kalian.
·
Baguskan hasilnya..? nah siapa yang tahu ini bentuknya apa..?
iya pintar, ini berbentuk bunga, bunga itu terdiri dari tangkai bunga, dasar
bunga, kelopak, tangkai putik, kepala putik, benang sari, kepala sari, dan
mahkota bunga. Sekarang coba kita hitung ada berapa banyak kelopak bunganya..?
iya pintar.
Siapa yang suka merawat
bunga..? kalau kita suka merawat keindahan lingkungan disekitar kita berarti
kita ikut serta dalam melestarikan lingkungan, ada tidak diantara kalian yang
pernah atau sering ikut bergotong royong untuk merawat lingkungan disekitar
kalian..? pasti ada ya.. karna melaksanakan jadwal piket disekolah pun bagian
dari bergotong royong. Coba sebutkan nama-nama bunga yang kalian ketahui dan macam-macam
warnanya? Nah.. kalau begitu berarti kalian sudah tahu dong ya… macam-macam
bunga. Kalu begitu tugas kalian dikumpulkan nanti setelah ibu nilai bias kalian
bawa pulang.
·
Sekarang boleh dirapihkan bahan-bahan yang sudah tidak
terpakai dan buang ketempat sampah.
·
Ketua kelas mulai memimpin doa.
·
Assalamualaikum warahmatullahhi wabarakatu
Dirgantara Wicaksono.
Pembelajaran PKN di SD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar