Kamis, 21 Mei 2015

Terkait Pembelajaran Pengembangan Kurikulum



Indonesia sebagai suatu Negara berkembang telah dan terus melakukan upaya-upaya pemberuan (inovasi) pendidikan, khususnya dalam bidang kurikulum dan pembelajaran. Mengamati perkembangan kurikulum di Indonesia dapat disimpulkan bahwa inovasi kurikulum di Indonesia cenderung bersifat formal dengan menggunakan pendekatan top-down. Artinya inovasi kurikulum tersebut dirancang dan ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional di tingkat pusat, kemudian secara bertahap dan berjenjang disebarluaskan ke bawah melalui Kantor Wilayah/Dinas Pendidikan, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai akhirnya ke guru-guru disekolah dengan harapan agar dapat diterima dan dilaksanakan sesuai dengan kebjakan pusat. Atau dapat dikatan juga inovasi kurikulum yaitu suatu perubahan sistem pendidikan (kurikulum) untuk menghadapi tantangan atau perubahan jaman.

Mengapa penting dilakukan pengembangan dan inovasi kurikulum disekolah?
Karena pendidikan berkembang secara dinamis, pengembangan dan inovasi kurikulum perlu dilakukan untuk menghadapi perkembangan zaman.



Dirgantara Wicaksono
Pembelajaran PKN di SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar