Indonesia sebagai suatu Negara
berkembang telah dan terus melakukan upaya-upaya pemberuan (inovasi)
pendidikan, khususnya dalam bidang kurikulum dan pembelajaran. Mengamati
perkembangan kurikulum di Indonesia dapat disimpulkan bahwa inovasi kurikulum
di Indonesia cenderung bersifat formal dengan menggunakan pendekatan top-down.
Artinya inovasi kurikulum tersebut dirancang dan ditetapkan oleh Departemen
Pendidikan Nasional di tingkat pusat, kemudian secara bertahap dan berjenjang
disebarluaskan ke bawah melalui Kantor Wilayah/Dinas Pendidikan, baik di
tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai akhirnya ke guru-guru
disekolah dengan harapan agar dapat diterima dan dilaksanakan sesuai dengan
kebjakan pusat. Atau dapat dikatan juga inovasi kurikulum yaitu suatu perubahan
sistem pendidikan (kurikulum) untuk menghadapi tantangan atau perubahan jaman.
Mengapa penting dilakukan
pengembangan dan inovasi kurikulum disekolah?
Karena pendidikan berkembang
secara dinamis, pengembangan dan inovasi kurikulum perlu dilakukan untuk
menghadapi perkembangan zaman.
Dirgantara Wicaksono
Pembelajaran PKN di SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar